Ruang Tamu Membutuhkan Penataan Kursi Tamu Yang Tepat

Di Indonesia, kultur menerima tamu di ruang yang disebut ruang tamu masih ada. Memang karena keadaan lahan yang semakin mahal dan sempit di perkotaan besar, saat ini banyak rumah yang didesain tidak lagi memiliki ruang tamu. Malahan sekarang acap kali terjadi para tamu segera diterima pemilik rumah di ruang tengah atau ruang keluarga.



masih ada sebagian besar masyarakat Indonesia, membuat kamar tamu itu dianggap penting karena keadaan sulit privasi. Khusus saat menerima para tamu yang baru pertama kali datang atau sebatas tamu umum yang tidak dianggap dekat, lazimnya akan diterima di ruang tamu.



kursi tamu yang disediakan di ruang tamu juga agar berbeda dengan kursi yang digunakan di area ruang keluarga. karena ruang tamu masuk kelompok ruang publik di sebuah hunian, maka biasanya penghuni menempatkan kursi tamu yang berkesan lebih formal.

Pelengkap kursi tamu biasanya tersedia coffee table yang ukurannya kecil dan berguna untuk meletakkan minuman untuk menghormati tamu.



Meskipun ruang keluarga, karena dari penyebutannya sudah ada kata keluarga, maka pemilihan kursi dan sofa di ruang ini bersifat non-formal. Artinya Untuk memungkinkan pengguna ruang keluarga supaya dapat merebahkan tubuhnya saat berkumpul dengan anggota keluarga maupun mengangkat kaki untuk bersantai.

Meja di tengah atau coffee table berukuran relatif lebih besar karena berfungsi meletakkan buku bacaan, snack jars dan hiasan yang lebih bersifat pribadi.



Ruang tamu disebut ruang publik karena tempat ruang tamu biasanya berada di bagian depan rumah dan dekat pintu masuk. Meskipun ruang keluarga disebut ruang privat karena penempatannya biasanya berada setelah ruang tamu berada di atau memang di pisahkan dalam bidang penyekat di bagian rumah atau ruang yang terpisah.



Pemilihan kursi tamu yang akan digunakan sebaiknya memerhatikan kesan apa yang ingin ditampikan di ruang tamu. Hal ini dapat disesuaikan secara genaral dengan karakter penguni.



Bila Anda ingin memperkenalkan suasana yang lebih formal, pilih perabotan yang mengaplikasikan warna-warna netral seperti abu-abu, cokelat, hitam, krem dan turunan warnanya. Tapi seandainya Anda ingin menampakkan karakter Anda yang lebih terbuka, silakan mengaplikasikan warna dan corak yang lebih terang dengan kombinasi yang berani.



Daerah tamu memiliki bermacam desain yang dapat dipilih. Kadangkala, wujud dan ukurannya juga dapat digabungkan dalam komposisi yang unik. Sekali lagi, karena ruang tamu memiliki fungsi untuk menerima tamu, maka ukuran kursi tamu tidak sesantai kursi yang ada di ruang keluarga atau ruang bersantai lainnya.



Sesuaikan pula jumlah dan ukuran kursi tamu yang digunakan dengan keadaan besar ruang tamu. Bila memang Anda tak jarang menerima jumlah tamu lebih dari 5 orang sekaligus, Anda sebaiknya menempatkan loose furniture berupa kursi-kursi tamu yang lebih kecil. Dan seandainya hanya kadang-kadang menerima tamu dalam jumlah sedikit, Anda dapat memilih 2 sampai 3 buah kursi tamu yang berukuran sedang.



Selayaknya rumah ialah refleksi karakter penghuninya, maka gaya apa saja yang dipilih akan dapat diapresiasi oleh tamu yang berkunjung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga Dengan Sewa Mobil

Saat Lebaran Membutuhkan 5 Tips Menata Ruang Tamu